Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kunjungan Wamen ATR Di BPN Gresik Jadi Role Program Ptsl Indonesia Di Tahun 2022

Rabu, 14 September 2022 | 9:23:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-14T14:23:31Z


GRESIK, HARIANMATABERITA 
Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni, Ph.D melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kantor BPN Gresik Jalan Raya Permata Graha Bunder Asri, Jumat, (9/9).

Kedatangan Raja Juliantoni di antaranya, membahas Rencana Program Gresik Kabupaten Lengkap tahun 2022. Ia menyambut baik BPN Gresik dalam pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), sebagai salah satu upaya menuju Gresik yang merupakan Kabupaten terlengkap terkait dengan pendataan, pemetaan dan sertifikat tanah secara sistematis.

“Apa yang dilakukan BPN Gresik adalah sebuah terobosan satu-satunya di Indonesia. Sebab, belum ada daerah lain yang mempunyai program serupa,” ujar Wamen ATR / Wakil Kepala BPN Raja Julianto saat di Kantor BPN Gresik, Jumat (9/9).

Dalam kunjungannya, Wamen ATR disambut langsung Kepala BPN Kabupaten Gresik Dr Asep Heri bersama Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani serta sejumlah jajaran Forkopimda Kabupaten Gresik.

Raja Julianto menambahkan, PTSL mempunyai manfaat yang luar biasa bagi masyarakat, terutama mereka dengan kondisi ekonomi yang di bawah rata-rata.

Ketika masyarakat memperoleh pelayanan melalui PTSL ini, maka tanah yang belum bersertifikat dapat segera mempunyai legalitas dan kepastian hukum.

“Sebab, tanah adalah aset yang berharga bagi mereka, terutama masyarakat yang kondisi ekonomi di bawah rata-rata. Berarti aset yang mereka miliki ke depan mempunyai nilai tambah dan mempunyai kepastian hukum yang jelas,” Ungkap Wamen ATR.

Lanjutnya mengatakan, PTSL  yang ada di Gresik ini merupakan Kabupaten terlengkap yaitu program yang memberi kemudahan masyarakat dan sebagai wujud hadirnya pemerintah ditengah masyarakat.

“Sehingga ini layak untuk dijadikan percontohan bagi daerah lain,” tegasnya.

Kepala BPN Gresik Asep Heri menuturkan kepada awak media, program yang ada di Kabupaten gresik sangat lengkap dan penting karena ini adalah program istimewa dan satu-satunya yang ada dii Indonesia.

Lanjutnya mengatakan Dengan adanya PTSL Gresik sangat Lengkap berbasis dusun, desa dapat diukur secara otomatis, sehingga  batas desa dapat diketahui.

“Jika batas desa diketahui, maka batas kecamatan juga diketahui, sehingga ke depannya ada Peta Tunggal Kabupaten,” ujar nya

Bupati Fandi Ahmad Yani juga mengatakan, program PTSL Gresik ini sangatlah Lengkap dan akan menjadi strategi pemulihan ekonomi untuk masyarakat di garis kemiskinan. Karena dengan demikian, mereka akan memiliki aset sehingga mempunyai nilai tambah.

“PTSL adalah salah satu upaya pemulihan ekonomi, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu. Ini akan menjadi satu stimulus, sebab aset tanah yang dimiliki mempunyai nilai tambah,” katanya.

Ditambahkan Gus Yani, sapaan akrab bupati, melalui PTSL Gresik Lengkap ini nantinya akan memudahkan pemerintah daerah dalam menentukan arah dan perencanaan pembangunan dalam jangka panjang.

“Pemerintah daerah juga merasa terbantu dengan kelengkapan data yang ada. Ke depan akan menjadi acuan dalam menentukan arah, dan rencana pembangunan dalam jangka panjang yang dilakukan oleh pemerintah daerah,” Ungkap Gus Yani (Yanto).
×
Berita Terbaru Update